Tuesday, December 11, 2012

Kets




Sepatu kets dapat dikatakan sebagai produk revolusi industri, artinya jenis sepatu ini merupakan hasil buatan pabrik, bukan buatan tangan seperti jenis sepatu lainnya. Meski telah dibuat sebelum memasuki abad 20, sepatu kets justru mulai dikenal luas mulai awal abad ke 20 yang diperkenalkan oleh insan perfilman di  Hollywood.
Pada tahun 1800-an, sepatu bersol karet pertama diproduksi dan diberi nama Plimsolls. Meski masih dalam taraf primitif, ini merupakan awal lahirnya sepatu bersol karet. Tidak ada yang peristiwa yang besar dalam dunia persepatuan sampai akhirnya pada tahun 1892, Goodyear mulai membuat sepatu dari kain kanvas dan karet. Orang-orang pada saat itu menyebut sepatu tersebut Kets.
Pada tahun 1917, Goodyear mulai mengiklankan Kets sebagai sepatu olah raga. Lalu mereka mulai menyebutnya sneakers, karena sol karetnya tidak mengeluarkan suara. Lalu di tahun 1920, Adi Dassler muncul dengan produk Adidas-nya, dimana sepatu kets buatannya dibuat dengan tangan di ruang cuci ibunya.
Ok, mari kita majukan sedikit mesin waktunya ke tahun 1950 dimana Einstein memperingatkan terjadinya perang nuklir, Uni Soviet mengklaim bahwa mereka memiliki bom atom, Gunung Etna meletus, kerusuhan komunis di Berlin dan ….sepatu kets menjadi pilihan sepatu para remaja di seluruh dunia. Popularitas sepatu tersebut terangkat ketika James Dean difoto dengan memakai celana jeans dan, ya, tentu saja memakai sepatu kets. Saat itulah sepatu kets mulai menjadi salah satu simbol pemberontakan kawula muda.

No comments:

Post a Comment